Aneka Resep Masakan Indonesia : Resep Ayam, Olahan Daging, Resep Kue kering

Resep Klepon Tepung Beras Ketan

Resep dan cara membuat kue klepon tepung beras ketan yang enak dan kenyal akan kami sajikan pada kesempatan kali ini. Kue klepon atau kelepon merupakan salah satu jenis kue tradisional atau makanan tradisional, Makanan dari tepung ketan dengan bentuk makanan bulat menyerupai bola, berisi gula merah dan berbalut kelapa parut yang akan menggoda lidah. Nah, jika belum mengetahui resep klepon tepung ketan kami akan menyajikan untuk anda. Makanan yang biasanya klepon di bungkus dengan menggunakan daun pisang, sehingga ini akan menambah cita rasa dari kue klepon menjadi enak dan khas tentunya. Resep klepon tepung ketan sebenarnya sederhana dan mudah, karena hanya menggabungkan beberapa bahan saja. Aneka jajanan pasar yang banyak kita jumpai pasti sangat banyak sekali, ada awug, putu ayu, dan masih ada lain lainnya. Sekarang kita coba bahas resep klepon tepung ketan. Kue kelepon ini dalamnya berisi gula merah yang sangat manis dan legit, lalu parutan kelapa yang menambah kegurihan makanan yang satu ini.
Nah berikut adalah resep klepon tepung ketan dan cara membuatnya

Resep kue klepon tepung beras ketan yang kenyal

resep bahan yang harus disiapkan :
  • 250 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 2 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 275 ml air matang
  • 1/2 butir kelapa, parut
  • 200 gr gula merah, iris halus
  • 1 lbr daun pandan1/4 sendok teh garam
cara membuat klepon tepung beras ketan yang kenyal dan enak

Cara membuat kue klepon tepung beras ketan yang kenyal empuk

  1. Tuang tepung beras dan tepung ketan kedalam satu wadah, aduk sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan air kapur sirih, pasta pandan, dan air matang sedikit-sedikit sambil di aduk-aduk, sampai adonan dapat di bentuk.
  3. Ambil adonan dengan ukuran satu sendok makan. Kemudian pipihkan, dengan tengah adonan cekung, lalu isi dengan gula merah yang sudah di serut/iris lembut buat bentuk bulat seperti bola Dan lakukan hingga adonan tak tersisa.
  4. Didihkan air, masukkan adonan yang sudah di buat bulat. Biarkan sampai bola bola mengapung, ambil adonan yang mengapung, tandanya sudah matang, lalu angkat.
  5. Kemudian cara terakhir ialah campur kelapa parut, garam, dan daun pandan lalu kukus selama 10 menit. Angkat dan tiriskan
  6. Hidangkan klepon dengan taburan kelapa parut di atasnya.
Resep selanjutnya : Resep dan cara membuat pizza
Itulah resep klepon tepung beras ketan yang rasanya yang manis dan kenyal-kenyal serta wangi daun pandan dijamin anda pasti suka. Silahkan di coba sendiri di rumah resep kue klepon tepung beras ketan tadi. Terima kasih semoga bermanfaat dan jangan lupa ya tuk share resep ini ke teman-teman agar semua bisa mencobanya di rumah. simak terus resep terbaru agenda resep masakan selanjutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Resep Masakan Pilihan : Resep Klepon Tepung Beras Ketan

1 comments: